Pengalaman Kerja di PT Tirta Alam Segar

Hai, sekarang saya mau berbagi pengalaman saya bekerja di PT TAS (Tirta Alam Segar) di kawasan industri MM2100. Cerita ini bermaksud untuk kenang - kenangan pribadi saja tapi bisa dibaca orang lain, oh iya bekerja di PT TAS adalah pengalaman saya bekerja dipabrik pertama kali.


Oke dimulai dari waktu hari saya lulus tanggal 18 Mei 2017 🎓 yang sebelumnya sudah saya tulis ceritanya diartikel sebelumnya (klik disini untuk membaca)

Saat itu bulan Juli 2017 ada loker (lowongan kerja) di BKK sekolah saya (SMKN 4 Kota Bekasi) di PT Tirta Alam Segar untuk posisi Packing Cup, saya masih kecewa karena tidak lulus seleksi SIPENCATAR di STTD 😓 tapi saya mau mencoba melamar kerja dulu. Pertama - tama untuk proses melamar kerja saya disuruh memasukkan data di salah satu formulir online buatan Google. Nah besoknya yang lulus seleksi Administrasi langsung disuruh interview yang dilaksanakan disekolah sendiri, yang interview adalah Guru Hubin SMKN 4 Bekasi yaitu Pak Irwandi dan satu lagi guru perempuan (saya lupa namanya). Saya ditanya tentang diri saya, siap tidak jika bekerja berdiri terus - terusan dll. Selesai interview langsung saya diberi kupon untuk MCU di RS Bella Bekasi di Jl. Ir. H. Juanda. Senin pun saya MCU di RS Bella dengan bayar 85K, adapun MCUnya meliputi cek mata, cek urine, rontgen, cek tinggi badan, cek berat badan, cek tekanan darah dan cek fisik. Lalu saya pun pulang dan katanya tunggu kabar paling lama 2 minggu dari PTnya. 🤔

Setelah lewat 2 minggu tidak ada kabar dari PT TAS 😞 saya pun mencoba melamar kerja ditempat lain dan waktu itu bulan September 2017 ada lowongan di PT Mindreach Consulting sebagai Image Editor Holiday Shift. Saya melamar via jobstreet dan selang waktu seminggu saya dapat balasan email untuk mengikuti seleksi dan interview di PTnya 😄. Besoknya saya datang naik motor dari Jatiasih, Bekasi ke Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang memakan waktu sekitar 2 setengah jam perjalanan  karena terjebak macet dan tidak paham jalan 😕 saat itu saya dari rumah jam setengah 5 pagi. Sampai disana saya diberi berbagai macam test 📝 seperti mengedit gambar menggunakan pen tool serta test kepribadian dan interview HRD, saya pun lolos 😃 dan besoknya saya mulai training selama 2 minggu. Hari pertama training saya mencoba berangkat lebih awal lagi jam 5 lewat 10 menit tapi apesnya saya nyasar 😰 jadi perjalanan tetap memakan waktu seperti hari sebelumnya. Besoknya saya mengundurkan diri secara baik - baik dengan memberikan alasan ke HRD melalui email karena saya gak bisa melanjutkan training dikarenakan perjalanan yang sangat jauh serta gaji nya tidak memungkinkan jika saya ingin kost di daerah Jakarta karena gajinya hanya 2.8 jt (kalau menyentuh target mengedit gambar). 😥

Saat saya keluar dari PT Mindreach Consulting saya menganggur lagi, namun saat bulan Oktober 2017 saya dapat panggilan MCU dari PT TAS lagi untuk kedua kalinya ke RS Bella, karena kata HRDnya MCU yang pertama sudah tidak berlaku jika sudah melewati 3 bulan. Saya pun akhirnya ikut MCU kedua dengan hati sedikit jengkel 😑 karena biaya tes MCU ditanggung sendiri. Selesai MCU saya pun pulang, lalu 2 minggu kemudian dapat panggilan mengikuti Introduction Training masih dibulan Oktober 2017. Setelah Introduction Training saya disuruh menunggu lagi dan tanggal 31 Januari 2018 baru ditelpon lagi untuk pemberkasan, pengambilan seragam serta perlengkapan kerja dan Tanda Tangan Kontrak, saya dikontrak selama 8 bulan 6 hari dari 1 Februari 2018 sampai 6 Oktober 2018. 🙌

Hari pertama saya bekerja di PT TAS saya dimasukan digrup NEW 6, saya bekerja serabutan seperti merapihkan sedotan, packing cup, belajar susun box ale - ale, Teh Rio dan Power F di pallet, merapihkan cup rejekan dll. Dua minggu kemudian saya ditarik untuk kerja mallet di line C2 dan hari pertama saya bekerja mallet saya gak kuat karena harus berdiri berjam - jam 😵, jadi saya berunding dengan atasan saya Pak Wahyu Agung untuk dipindahkan, saya pun ditanya mau dipindahkan kemana dan saat saya lihat anak supplai karton lewat dan yang terlintas dipikiran saya mau jadi supplai. Akhirnya besok saya dipindahkan jadi supplai karton dan saya masuk grup supplai karton 3, pekerjaan kami selintas mudah hanya menyuplai karton tetapi saat saya kerjakan ternyata susah 😩. Kartonnya berat, saat diangkat dikepala kita harus bisa menyeimbangkannya kalau tidak bisa jatuh dan merapihkannya memakan waktu, sewaktu menyetok karton gudangnya panas karena dulu kipas angin hanya 1 dan itupun mengarah lurus bukan kebawah. Akhirnya setelah seminggu jadi supplai saya bilang keatasan lagi untuk pindah karena tidak kuat, namun saya kena marah karena suka pilih - pilih kerjaan (iya sih saya akuin 😅) jadi lanjut cerita saya tetap jadi supplai karton. Akhirnya berjalan waktu saya jalanin dan lama - lama bisa bekerja menjadi supplai karton sampai saya bisa mengangkat 200 karton dikepala dan tanggal 6 Oktober 2018 kemarin saya baru saja habis masa kontrak di PT Tirta Alam Segar. Dan sekarang saya masih berteman baik dengan teman - teman saya dulu waktu masih menjadi anak supplai.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Seleksi di PT. NGK Ceramics Indonesia

[Update] Naruto Storm 4 Save Data 100% Story & Adventure Complete (Naruto, Shikamaru & Gaara)