Pengalaman Seleksi di PT. NGK Ceramics Indonesia

Halo semua, saat ini saya mau membagikan pengalaman saya mengikuti seleksi di PT. NGK Ceramics Indonesia di kawasan EJIP. PT. NGK Ceramics merupakan salah satu perusahaan komponen otomotif suku cadang terbesar di dunia. Salah satu produk yang di hasilkan PT NGK Ceramics Indonesia adalah katalis knalpot mobil dan bus. Salah satu produknya adalah sebagai berikut :


Awal cerita saya baru saja habis masa kontrak dari PT Tirta Alam Segar, saya tidak mau mengganggur terlalu lama jadi saya langsung menyiapkan dan memperpanjang berkas - berkas yang sudah mati seperti SKCK. Minggu pertama menganggur saya dapat info loker PT. NGK Ceramics Indonesia dari grup Lowongan Kerja di Facebook, seperti ini infonya...


Saya langsung membuat lamaran via email dan saya kirim lamaran pekerjaan saya hari itu juga. Setelah itu saya mencari info loker lain dan saya membuat 4 surat lamaran untuk dikirim via pos. Perusahaan yang saya tuju yaitu PT. Toyo Seal Indonesia di MM2100, PT. Showa Indonesia Manufacturing di Jababeka, PT. Mulia Industrindo Tbk, PT.Yamaha Music Manufacturing Asia di MM2100. Pagi - pagi tanggal 14 Oktober 2018 saya kirim 4 lamaran via Pos dan setelah itu saya langsung ke BKK SMKN 1 Kota Bekasi dan disana ada loker PT. Multi Indo Mandiri untuk posisi Administrasi, Operator Forklift, Operator Produksi, Teknisi/Maintenance Produksi, Safety Patrol, Environment Patrol. Saya pun mendaftar dan dimintai biaya admin sebesar 30 rb dan untuk tesnya di SMKN 1 Kota Bekasi tanggal 25 Oktober 2018.


Selesai daftar dari SMKN 1 Kota Bekasi saya langsung menuju SMKN 3 Kota Bekasi karena ada loker PT. Pharos Indonesia dan saya mendaftar serta membayar biaya admin sebesar 30K, untuk tesnya sendiri tanggal 22 Oktober 2018 membawa surat lamaran dan menggunakan baju hitam putih. Selesai ke SMKN 3 Kota Bekasi saya langsung ke BKK YPIA Cab.Ujung Menteng tetapi sewaktu ditengah perjalanan saya merubah pikiran dan pergi ke BKK YPIA Cab.Tambun karena ada loker STAFF IT PT. PAKOAKUINA, sewaktu diperjalanan saya mendapatkan telepon dan ternyata dari HRD PT.NGK Ceramics Indonesia mengundang saya untuk mengikuti tes tanggal 15 Oktober 2018 membawa surat lamaran lengkap dan berkas asli jam 7 pagi, saya pun menjawab iya dan perjalanan ke BKK YPIA Cab.Tambun terus saya lanjutkan, sayang sekali waktu sampai sana sudah jam setengah 4 jadi sudah tutup dan saya pun akhirnya memutuskan pulang.

Besoknya saya berangkat tes ke PT. NGK Ceramics Indonesia di Kawasan EJIP dan sekaligus pengalaman saya pertama kali tes di PT langsung, sebelum berangkat saya berdoa kepada Tuhan Yesus dan salam kepada Ibu untuk kelancaran tesnya. Tiba disana ternyata peserta tesnya ada 21 orang, pertama tes mata dan fisik (ukur tinggi badan dan berat badan), saat semua peserta sudah selesai tes fisik ada 1 peserta tes terlambat namanya Robert, untung dia masih bisa ikut seleksi dan dia pun dicek mata dan fisiknya seperti yang lain. Jadi sekarang peserta tesnya ada 22 dan saat pengumuman hasil ada 3 orang gugur jadi tersisa 19 peserta, selanjutnya tes krapelin (diberi waktu 1 jam) dan saat pengumuman yang tidak lolos 3 orang jadi sekarang tersisa 16 orang. Selanjutnya tes MTK Dasar, Antonim, Sinonim, Pengejaan Kata, Deret Angka, hasil tes pun diumumkan dan semuanya lolos dan lanjut untuk Interview HRD. Saat Interview HRD selesai saatnya pengumuman dan semuanya lolos dan besok tahap interview User. Jadi peserta yang lulus untuk lanjut tahapan Interview User adalah 16 orang, saya bersama 3 orang lainnya (Paskah Andrian, Fauzan Fajri dan satu lagi saya lupa namanya) dapat jadwal Interview User jam 10 siang sedangkan sisanya Interview User jam 7 pagi.

Besok tanggal 16 Oktober 2018 saya datang jam 10 siang untuk Interview User, User yang meng-interview saya memakai topi list merah dan saya akan ditempatkan bagian finishing produk jika lulus, saya ditanya tentang pengalaman kerja saya di Perusahaan sebelumnya, tempat tinggal saya, keluarga saya, dll. Selesai interview yang lolos hari itu hanya 5 orang (Karyawan eks Jepang) yang diinterview jam 7 pagi dan langsung diarahkan MCU di RS Permata Keluarga Lippo Cikarang, sedangkan sisanya menunggu panggilan selanjutnya.

Sembari menunggu panggilan hasil interview user saya dapat panggilan seleksi PT. Suryaraya Rubberindo Industries pada tanggal 22 Oktober 2018, berpakaian kemeja (bukan hitam putih), membawa peralatan tulis dan Kartu Identitas. Karena bentrok dengan jadwal tes PT. Pharos Indonesia di BKK SMKN Kota Bekasi, saya akhirnya memilih ikut tes PT. SRI karena saya dengar dengar PT. Pharos proses rekrutmennya lama. Besoknya hari Senin, 22 Oktober 2018 saya datang ikut seleksi PT. SRI, tesnya antara lain Logika Penalaran, Deret, Antonim, Sinonim dan Krapelin. Hasil tesnya dikabarin via email atau SMS paling lama 1 bulan setelah tes.

Lalu tanggal 24 Oktober 2018 saya menerima telpon dari HRD PT. NGK Ceramics Indonesia untuk mengikuti Interview User kedua jam 1 siang karena Interview User pertama gagal, besoknya tanggal 25 Oktober 2018 saya mengikuti Interview User bersama peserta lain yang hari itu interview user juga pada jam 7. Kali ini user yang meng-interview saya memakai topi list ungu dan saya disuruh menceritakan tentang diri saya, pengalaman saya bekerja dan saya diberi tes kecil - kecilan. Selesai semua diinterview waktunya pengumuman, saya dan 3 orang laki - laki bersama 6 orang perempuan lulus seleksi interview user dan yang gagal hari itu ada 5 orang (2 orang laki - laki dan 3 orang perempuan). Lalu kita disuruh untuk MCU hari itu juga di RS Permata Keluarga Lippo Cikarang, MCUnya meliputi tes darah, tes urine, rontgen, ukur tinggi badan, ukur berat badan, tes mata, tes tekanan darah, audiometri dan spirometri. Hasil MCU dikabari besok melalui telpon tanggal 26 Oktober 2018, dan puji Tuhan sore saya dikabari via telpon dan lulus bersama 2 orang teman saya yang laki - laki, 1 orang barengan saya tidak lulus karena proses MCU belum selesai namun dia sudah pulang duluan.


Lalu untuk selanjutnya kami disuruh pemberkasan tanggal 29 Oktober 2018, barengan saya ada 10 orang pemberkasan termasuk saya, 4 orang laki - laki dan 6 orang perempuan. Nanti saya akan Introduction Training tanggal 1 November 2018. ðŸ™Œ

~Terima Kasih sudah membaca~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kerja di PT Tirta Alam Segar

[Update] Naruto Storm 4 Save Data 100% Story & Adventure Complete (Naruto, Shikamaru & Gaara)